Application Portfolio Management (APM)

Layanan Kami: Scope Identification, Data Analysis, Mapping, Cataloging, Dashboarding, Documentation

Application portfolio management (APM) adalah sebuah framework pengelolaan aplikasi-aplikasi (software) dan servicenya. Application portfolio management memberikan pemahaman menyeluruh pada korporasi perihal biaya, sinergi antar aplikasi, manfaat setiap aplikasi dalam rantai bisnis, dan membuka peluang untuk ber-inovasi.

Framework APM melakukan optimalisasi biaya operasional dan rasionalisasi lisensi software. Menghindari duplikasi fungsi dan jumlah lisensi sehingga akan menekan biaya pembelian dan pemeliharaan software, menghindari pembelian software yang tidak sesuai rencana bisnis, dan menekan biaya operasional infrastruktur pendukung.

Framework APM mempu memetakan aplikasi-aplikasi yang sudah kurang bermanfaat bagi bisnis (retire), demikian pula yang masih dibutuhkan bisnis tapi perlu diupgrade. Konektifitas dengan database CMDB (configuration management database) memberikan data akurat perihal lifecycle aplikasi, termasuk kapan habisnya masa garansi, kapan akan masuk masa EOL dan berakhirnya masa service dari vendor (EOS).

Pola kerja APM adalah melakukan identifikasi, pengelompokan dan eliminasi yang bertujuan optimasi biaya lisensi, pemeliharaan pada layer data/informasi dan layer infrastruktur pendukung (server, storage, memory) yang ditanam pada data center ataupun cloud system.

Diagram di atas memberikan informasi dan pertimbangan pada pengambil keputusan perihal aset aplikasi mana yang layak untuk dipertahankan (retain), mana yang harus di-design ulang (redesign), ataupun yang harus dihilangkan (retired) berdasarkan analisa sumbu biaya operasional untuk memelihara dan fungsi aplikasi tersebut dalam konteks operasional kegunaan dalam bisnis.


Kontak & Informasi
email: info@epscilon.id  • whatsapp: +62-811811-2165